titik…


Aku pernah ditanya oleh salah satu guru ku waktu masih sekolah. Sambil menunjukan kertas putih yang ditengahnya ada bekas setetes tinta ditengahnya.
Dengan santainya beliau bertanya padaku

Guru     :”Tom, apa yang kamu lihat dalam kertas ini?”
Saya      :”Kan udah jelas sekali Pak, itu ada bercak tinta di dalamnya”
Guru     :”Sekali lagi, coba kamu lihat baik-baik, apa yang kamu lihat dalam kertas     ini?”
Saya      :”(agak bingung juga akhirnya tapi tetap ku jawab)”Cuma ada bekas tetesan tinta dalam kertas itu Pak.
Guru      : (kemudian menjabarkan)

“Tom, kenapa kamu cuma melihat bekas bercak tinta ini saja. Kenapa kamu tidak melihat kertas yang masih putih dan tak terkena noda tinta? Kenapa kamu hanya tertuju pada titik hitam dalam kertas ini? Tidakkah kamu sadari, bahwa kertas ini masih dikelilingi dengan warna putih? Apa jika ada seseorang yang pernah mengalami kesalahan, lantas kamu akan menganggapnya adalah orang yang selalu salah? Apa tidak terpikir olehmu dalam diri setiap makhluq, meski terdapat kejelekan dan kekurangan, masih tetap ada nilai kebaikannya.
Inilah kesempurnaan, bahwa tidak ada yang sempurna tanpa kekurangan kecuali Tuhan. Dan kesempurnaan kita adalah di mana kita masih mempunyai banyak kekurangan.”

Saya    :”Oh, iya Pak, saya ngerti” (manggut-manggut dengan gaya sok ngerti)

12 thoughts on “titik…

    • bukan begitu, setiap makhluq itu sempurna, tapi kesempurnaan makhluq adalah dengan adanya kekurangan yang dimilikinya, jangan karena kita memiliki kekurangan kemudian kita menganggap diri kita tidak sempurna, Tuhan telah menciptakan kita dengan begitu banyak misteri yang terkandung di dalamnya,, dan semua itu diciptakanNya dengan amat begitu sempurna

  1. aduh kirain yang punya neh blog ce hehe ternyata co..

    yang ku tau adalah kesempurnaan hanya milik Allah SWT.
    segala apa yang telah kita lakukan itu adalah proses menuju keseempurnaan hakiki versi manusia aja🙂 tetep yang sempurna adalah Allah SWT😉
    *duhh sok bijaksanaa hehehe

    pendapatku yaah

    salam kenaaal
    hope we can be a frieend hehe

  2. HU ‘oh.. bener…

    MUFAKAT ane ka ^^
    jadi lebih bisa menerima jika mengingat kesempurnaan Allahu Yaa Rabb ^^
    syukron iah ka udaa bantu piet untuk lebih ikhlas dengan baca postingan kk
    ^__*

  3. Manusia diciptakan olehNya sempurna dengan segala kekurangan dan kealpaannya. Satu titik, dua titik dan titik-titik berikutnya adalah rangkaian perjalanan manusia menuju kampung halamannya. Apakah titik-titik itu akan memberi arti yang positif atau malah sebaliknya, adalah keputusan pada diri manusia yang menjalaninya…

    Thanks for the visit, salam kenal ya…:)

monggo komen ingkang sae ^_^

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s