cogito ergo sum


Cogito Ergo Sum adalah sebuah ungkapan yang diutarakan oleh Descartes, sang filsuf dari Perancis. Artinya adalah ‘aku berpikir maka aku ada’ (i think therefor i am). Maksudnya adalah kalimat ini membuktikan bahwa satu-satunya hal yang pasti di dunia ini adalah keberadaan seorang diri. Keberadaan ini bisa dibuktikan dengan fakta bahwa ia bisa berpikir sendiri.

Descartes ingin mencari kebenaran dengan pertama-tama meragukan semua hal. Ia meragukan keberadaan semua benda-benda di sekelilingnya. Ia bahkan meragukan keberadaanya sendiri.

Descartes berpikir bahwa dengan cara meragukan semua hal termasuk dirinya sendiri tersebut, dia telah membersihkan dirinya dari segala prasangka yang mungkin menuntutnya ke jalan yang salah. Ia takut bahwa mungkin saja berpikir sebenarnya tidak membawanya menuju kebenaran.

Mungkin saja bahwa pikiran manusia pada hakikatnya tidak membawa manusia kepada kebenaran, namun sebaliknya membawa pada kesalahan. Artinya, ada semacam kekuatan tertentu yang lebih besar dari dirinya yang mengontrol pikirannya dan selalu mengarahkan pikirannya ke jalan yang salah.

Sampai di sini, Descartes tiba-tiba sadar bahwa bagaimanapun pikiran mengarahkan dirinya pada kesalahan, namun ia tetaplah berpikir. Inilah satu-satunya yang jelas. Inilah satu-satunya yang tidak mungkin salah. Maksudnya, tak mungkin kekuatan tadi membuat kalimat ‘ketika berpikir, sayalah yang berpikir’ salah. Dengan demikian, Descartes sampai pada kesimpulan bahwa ketika ia berpikir, maka ia ada. Atau dalam bahsa latin COGITO ERGO SUM….

Yahh, setidaknya begitu menurut para ahli filsafat. Tapi Kalau aku sih yang penting selalu mikir dengan positif, dan tetep semangat menjalani hidup, tetep bersyukur kepada Allah dengan apa yang ada sekarang meski untuk mikir positif aja masih sulit.

hehehehe. kagak nyambung🙂

9 thoughts on “cogito ergo sum

  1. bingung sama pemikiran filsuf2 tersebut, kalau merasa ga ada kok tubuh sendiri bisa dilihat dan dirasakan:mrgreen:

    *posting ini tdk punya judul yah? atau koneksi internet aku lagi bermasalah?

  2. awal2 agak berat buat berpikir positif, memang harus dibiasakan seperti itu…
    klo sulit, utk menyeimbangkannya diperlukan rasa bersyukur..
    gw setubuh sama lo kali ini😀

monggo komen ingkang sae ^_^

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s