Cloud Computing


Komputasi awan  adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan adalah metefora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan  dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service) sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing “Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.”

Komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server.

Dengan komputasi awan, sistem operasi beserta aplikasi-aplikasinya dan penyimpanan dapat dilakukan langsung lewat Internet, dengan begitu akan menghemat pengadaan komputer fisik yang besar baik untuk kebutuhan perusahaan ataupun personal.

Jika dulu pengguna membutuhkan sebuah komputer dengan perangkat keras yang mampu menampung data dengan perangkat lunak di dalamnya beserta infrastruktur dengan jaringan intranet atau Internet yang menghabiskan sumber daya dan dana yang besar, dengan adanya komputasi awan itu dapat diperkecil. Sebelumnya, dalam sebuah sistem operasi diinstal begitu banyak aplikasi komputer seperti aplikasi perkantoran, aplikasi pengolahan grafik, multimedia dan lain sebagainya di dalam sebuah perangkat komputer, tapi dengan teknologi komputasi awan, pengguna hanya menginstal sistem operasi dan semua pekerjaan dilakukan di Internet (cloud), begitu pula dengan penyimpanan data.

Apakah Anda pernah menggunakan layanan Google Docs? Apa yang bisa dilakukan di dalamnya? Anda bisa membuat dokumen berbentuk teks, spreadsheet, dan presentasi langsung dari web, menyimpannya, mengedit, berbagi dan berkolaborasi, semua dilakukan lewat perambah web seperti Firefox, IE, Safari, atau perambah lainnya. Semua pekerjaan dilakukan di awan (cloud), mulai dari aplikasi sampai dengan penyimpanan data disediakan oleh Google Docs lewat Internet.

Jenis Komputasi Awan

Ada berbagai jenis layanan dalam komputasi awan, diantaranya menyediakan komputer server secara virtual, aplikasi ataupun penyimpanan data. Anda dapat mengakses komputer server di awan layaknya menggunakan komputer fisik, dapat diinstal sistem operasi yang dibutuhkan, menginstal aplikasi dan menjalankannya, serta menyimpan data. Biasanya, penyedia layanan komputasi awan berupa komputer server dapat disesuaikan kebutuhan pengguna (service on demand), mulai dari budget terbatas sampai dengan untuk kebutuhan besar perusahaan.

Selain menyediakan layanan komputasi awan untuk komputer server, ada juga yang memberikan layanan dalam bentuk aplikasi. Contohnya, layanan Could Site yang menyediakan aplikasi-aplikasi untuk kebutuhan website, seperti webserver, database server dan lain sebagainya, sehingga pengguna dapat langsung menjalankan aplikasi web tanpa perlu membuang waktu untuk menginstal dan mengkonfigurasi aplikasi-aplikasi server yang dibutuhkan. Contoh lain adalah Google Docs yang menyediakan aplikasi perkantoran, Anda dapat mengolah file-file dokumen, spreadsheet atau presentasi langsung dari Google Docs, dapat disimpan langsung di Internet dan berbagi pakai untuk kolaborasi dokumen-dokumen dengan rekanan atau komunitas.

Layanan Komputasi Awan

Kini banyak layanan atau prouduk yang mengimplementasikan bentuk teknologi komputasi awan, berikut contoh produk dan layanan tersebut:

  • Google Docs
    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Google memberikan layanan aplikasi perkantoran seperti pengolahan dokumen, spreadsheet dan presentasi, yang dapat diakses lewat Internet. Bukan hanya aplikasi, data hasil pengolahan aplikasi tersebut dapat disimpan di Internet, sehingga dapat diakses dan digunakan di manapun tanpa perlu menginstal aplikasi perkantoran di sistem operasi yang digunakan pengguna. Jika Anda sudah mempunyai account Google, Anda dapat menikmati layanan ini secara gratis dari http://docs.google.com

    cloud google docs

    Layanan Aplikasi Perkantoran Google Docs yang diakses langsung lewat Internet

  • Ubuntu One
    Ubuntu memberikan tempat penyimpanan 2 GB di Internet. Layanan tersebut diberi nama “Ubuntu Personal Cloud”. Dengan layanan ini, pengguna dapat menyimpan data langsung di Internet, dan disinkronkan dengan data di sistem operasi Ubuntu. Dengan begitu, data Anda akan tersimpan aman di Internet, meskipun Anda menginstal ulang sistem operasi di komputer yang digunakan. Fitur Ubuntu One disertakan secara bawaan di beberapa rilis terbaru Ubuntu, dan dapat diakses lewat perambah web dengan alamat http://one.ubuntu.com.

    cloud google docsLayanan Cloud Computing untuk penyimpanan data dari Ubuntu One
  • EyeOS
    EyeOS bisa disebut Web Desktop, menggunakan konsep komputasi awan di mana pengguna dapat menjalankan aplikasi-aplikasi di dalamnya layaknya menjalankan aplikasi di komputer desktop. Aplikasi berbasis web ini mendukung kolaborasi dan komunikasi antar pengguna. Dengan menggunakan EyeOS sebagai aplikasi Web Desktop, pengguna dapat mengakses aplikasi-aplikasi di mana pun dan kapan pun selama terhubung ke jaringan Internet atau Intranet. Secara bawaan, EyeOS menyediakan berbagai aplikasi untuk kebutuhan pekerjaan, seperti aplikasi perkantoran (dokumen, spreadsheet dan presentasi), kalender, diary, klien email, dan lainnya. Informasi tentang EyeOS dapat dilihat di http://www.eyeos.org/

    cloud-eyeosEyeOS Web Desktop (sumber: eyeos.org)

Dengan komputasi awan, sistem operasi beserta aplikasi-aplikasinya dan penyimpanan dapat dilakukan langsung lewat Internet, dengan begitu akan menghemat pengadaan komputer fisik yang besar baik untuk kebutuhan perusahaan ataupun personal.

Teknologi komputasi dan teknik pemrograman baru atau teknik pengembangan berubah dengan cepat, tujuan dalam komputasi awan nampaknya akan membuat teknologi menjadi  sangat mudah dimata user dan menjadikannya sesederhana mungkin. Pengembangan berbasis internet sangat pesat saat ini dengan boomingnya blogging dan microblogging serta layanan jejaring sosial yang bertujuan untuk menemukan cara baru membantu individu dan bisnis untuk dapat berkomunikasi satu sama lain di arena komputasi awan.

referensi:
wikipedia
blog komputasi awan
saung foss

Ditulis untuk mata kuliah teknologi informasi, kawan, sebenarnya aku jg masih bingung, untuk nglengkapi tugas aja, jadi tinggal copy paste dari internet aja. aku ngertinya secara global aja, liat di internet malah panjang banget. jadi kalau masih ada yang masih kurang minta sarannya. yah semoga ada manfaat.

27 thoughts on “Cloud Computing

  1. setahu dhe kalo gambar awan tu lambang dari ISP, ternyata ada komputasi awan.. keren yaa, bisa berupa aplikasi dan merangkap server gitu.. hmm, ketinggalan berita nih dhe kayaknya..

monggo komen ingkang sae ^_^

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s