New7wonders: between Hoax and Real


Menjelang akhir penutupan voting new7wonders yakni tanggal 11/11/2011, akhir2 ini marak berdar berita2 hoax dari berbagai media. Salah satu yang paling menggangguku adalah sms yang berisi seperti ini:

 

“Kadal Air Malaysia ada di posisi pertama dengan dukungan 46.643.507 suara SMS, disusul Gajah Hitam Thailand dengan 43.976.151 suara, baru Pulau Komodo dengan 40.421.843. Posisi Komodo berada di posisi tiga, di atas dua binatang lainnya, Burung Deil Afrika (34.800.619 SMS), dan Ikan Steddo dari Selandia Baru (27.617.994 suara).”

Buset dah ni pesan berapa kali nyebar ke nomer hape ku dan wall Facebook, di bawahnya pakek lisensi dari MenBudPar. Ini kan sangat lucu sekali, yang nyebarin juga teman2 dari mahasiswa, lha yo mosok gak ngerti informasi, emang kadal air Malasya itu masuk nominasi? Ini kan jelas2 “hoax”. Efek “hoax” ini bener2 merasuk kemana2. Jika spam yang kadang kita melihat tak ada manfaatnya, masih ada sedikit manfaat bagi penyebarnya yah mungkin sekedar cari makan buat anak istri. Lha kalau udah “hoax” kayak gitu apalagi kalo bukan kepuasan semu dari para penyebarnya. Tujuan positif dengan cara negatif. (Jadi kayak ibu2 aja yang suka nge-gosip.) hihihihi ^_^

Tapi, apa yang sebenarnya kita koar2kan demi pulau komodo ini?

sebelumnya ada fakta menarik dari new7wonders yg saya kutip dari priyadidotnet

  • New7Wonders adalah sebuah perusahaan privat asal Swiss. New7Wonders bukanlah yayasan atau organisasi Internasional yang beranggotakan negara-negara di dunia.
  • Tidak ada lembaga dunia yang memberi mandat kepada New7Wonders untuk dapat menetapkan tujuh keajaiban dunia. Jika New7Wonders menetapkan ’7 keajaiban alam dunia’, maka ketetapan tersebut sebenarnya tidak lebih kuat daripada daftar 7 keajaiban dunia versi pribadi saya.
  • Mengapa hanya tujuh? Angka tujuh hanyalah angka yang dipilih secara arbitrary. Lembaga yang jauh lebih serius seperti UNESCO menetapkan tak kurang dari 900 lokasi di dunia sebagai World Heritage Site, yaitu tempat-tempat yang perlu dijaga kelestariannya.

photo by Makcik Tenny Schneider @facebook group Fotografi Indonesia

Yang dari kemarin2 mengusik pikiran saya adalah, apa keajaiban dunia ini bisa dihasilkan dengan hasil voting?? plis dech!!! Apa ini ajang cari bakat versi dunia kebudayaan? emmmm….pemilihan dengan sms,  sangat tidak obyektif bukan? kalo yang suka American Idol pasti tau Sanjaya Malakar yg melaju ke babak 7 besar dengan kemampuan yg pas-pasan.

Jadi sama aja donk antara Indonesian Idol ama New7wonders. New7Wonders mendapatkan penghasilan dari setoran kontestan itu sendiri yang berasal dari platform pemilihan berbayar. New7Wonders  tidak mengeluarkan biaya apapun untuk kontestan. Bahkan biaya pemasaran ditanggung oleh masing-masing kontestan. Biaya yang dikeluarkan kontestan yang kalah melalui platform voting berbayar tak dapat dikembalikan. Bagi seluruh kontestan, kontes New7Wonders merupakan “negative-sum game”.

“Ahh, bukankah sms -nya cuma 1 Rp dan sekarang sampai gratis 0 Rp???”
ada yang ingat siapakah yang menggratiskan sms pulau Komodo? yapss, Duta Komodo Pak JK berkata “Gratis karena biaya itu akan dibayar pihak sponsor,” kata JK, di Jakarta, Selasa, 11 Oktober. Jadi, siapa bilang gratis, gratis kan dari sms yg kita kirim, pada dasarnya ya ujung2nya bayar juga. Dari akibat kontes ini pun akan ada pihak yang mendapatkan “database” dari puluhan juta rakyat Indonesia yang mana informasi tersebut akan jadi sangat berharga.

Lantas. Apakah kita sedang dieksploitasi dari pihak luar? monggo di share. Untuk lebih lengkapnya buka juga priyadidotnet.

26 thoughts on “New7wonders: between Hoax and Real

  1. Andai aku bisa ‘nge-like’ postinganmu kira..hohoho

    Iya banget,aku dari awal udah ngerasa ada yang gak jelas di new7wonder…Dari mulai indonesia mnolak jad house,dan disana udah dibahas kraguan akan new7wonder,eh malah akhir2 kmaren dibahas lagi dan malah yang mendukung sms voting ini petinggi negri…

    Kita liat aja apa jadinya cerita ini nanti…#dah ketebak sebenernya,hohoho,cuma,biarkan aja yg petinggi itu yg mengklarifikasi,hoho

  2. ini kisruh macam apalagi ya, pihak mana yg pertamakali mengajukan pulau komodo mengikuti kontes macam kaya gini, kan pihak pemerintah, pemerintah mundur karena harus mengeluarkan duit 400 milyar walopun nma pulau ini di coret dari peserta tapi pihak panitia ttp mencantumkan nama pulau ini dari daftar peserta. sekarang pak JK yg maju peringkat menjadi naik ke posisi 3 nah pemerinyah malah merecoki masalah ini. kayaknya ada unsur politik dan pemerintah tdk mau kehilangan muka..

  3. aku ibu-ibu yang kurang bisa ngegosip lho, tapi ngerumpi bisa dikitlah😀.
    # kalaupun menang, sebenarnya kan harus bayar juga ke panitianya ya, ambil positifnya aja, seluruh rakyat Indonesia jadi melek Komodo, apalagi mahasiswanya.

  4. Daripada harus keluar duit banyak (400M???)utk sekedar jd 7wonders, mending duitnya buat ngadain expo pariwisata di singapore, bakalan jelas banyak wisatawan asing yg liat dan diharapkan bakalan mampir ke Indonesia.

    Orang Indonesia pada seneng model juara2an gitu siy… jadi gak ngeliat cara lain utk ngetop. Apa kalo udah jadi 7wonders bakalan ngejamin wisatawan pada main ke Indonesia? Enggak juga kaliy…

  5. aduh,, saya ndak ada peduli sama komodo2an itu, hehehe
    habisnya males emang ngurus yang kayak begituan.
    pas ada sms, kirain dari pacar saya. eh ternyata si komodo2 ini. bukannya ndak cinta negara saya ini. tapi saya mencintainya dengan cara lain🙂

  6. Sumpah, gue sama sekali gak ngikutin perkembangan berita ini. Gue juga dapet sms suruh dukung komodo. Dan sampai saat ini gue sama sekali gak sms kayak gitu.🙂

  7. pikiran kita sama kir, makanya aku ngga pernah ikut polling2an sms kayak gitu
    nah absurd
    sudahlah
    malah menguntungkan pihak yang gak jelas
    mending promosikan semua kekayaan indonesia dengan lebih jelas, makai metode lain. saya percaya kok banyak ahli2 marketing yang mumpuni di Indonesia yg bisa mewujudkan itu

  8. hoohohh, saya blm vote via SMS, dukungan aja deh biar Pulau Komodo bisa jadi 7wonder😀

    bener banget tu akan ada databasenya, hmm bakalan tau sapa aja yg vote, dan pasti nomer hp pengirim akan trsimpan😀

monggo komen ingkang sae ^_^

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s