Korupedia. Ensiklopedi para koruptor di Indoenesia


Penggiat anti korupsi akhirnya telah membuat website yang mencantunkan daftar nama-nama koruptor. Awalnya ada Seorang mantan mentri ditahan karena kasus korupsi. Setelah bebas, dia disambut meriah layaknya pahlawan oleh tokoh-tokoh partai hingga agama.

“Ini menunjukkan toleransi masyarakat terhadap koruptor sehingga korupsi susah diberantas,” ujar aktivis antikorupsi, Teten Masduki.

Para pejabat, anggota dewan, dan kepala daerah yang ingin korupsi mulai saat ini mungkin harus berfikir dua kali. Sebab jika mereka suatu saat tertangkap tangan sebagai koruptor, maka akan diabadikan di ensiklopedia korupsi Indonesia – Korupedia. Seperti apa?

salah satu iklan rokok yg menyindir tentang korupsi.

Ya, situs ini akan melacak, mengabadikan foto, data diri, dan keluarga para koruptor dari seluruh Indonesia. Korupedia.org dibangun oleh sejumlah aktivis anti korupsi di negeri ini. Yang menarik dari situs ini adalah adanya peta korupsi Indonesia.

Dalam peta tersebut, Anda akan menjumpai beberapa titik lokasi korupsi di wilayah yang tersebar di Indonesia lengkap dengan nama kasus, koruptor, dan informasi data. Lantas apa sebenarnya tujuan dari situs Korupedia ini?

“Kami risau, hukum untuk menjerat koruptor belum efektif, putusan pengadilan seringkali rendah, yaitu di bawah dua tahun, pelaku-pelakunya taraf kecil, dan sanksi sosial tidak ada,” ujar Teten Masduki, salah satu pemrakarsa Korupedia, seperti dikutip dari Radio Nederland, Senin (18/06).

Teten Masduki melanjutkan, jika nantinya Korupedia akan mengabadikan mereka (koruptor). Langkah ini sama halnya dengan mencatat ‘jasa’ para pahlawan negara. Pertanyaan selanjutnya, apakah dengan situs ini para koruptor akan jera berkorupsi?

Jika jera mungkin tidak. Namun dengan tekanan lewat media sosial dan situs ini akan memberikan sanksi sosial terhadap mereka dan menekan KPK serta intitusi terkait dalam memercepat kasus tersebut.

salah satu screenshot korupedia

Langsung cek TKP nya di sini http://www.korupedia.org/

Menurut teman-teman, kira-kira diapain agar para koruptor jera sehingga tidak ada koruptor di Indonesia???

5 thoughts on “Korupedia. Ensiklopedi para koruptor di Indoenesia

monggo komen ingkang sae ^_^

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s