Mencari Cinta Dalam Kitab Kuning


Cinta, tak pernah bisa terdefinisikan, namun hanya bisa dirasakan. Mungkin itu aja yang bisa kuungkap, karena aku bukanlah seroang pujangga yang pandai merangkai kata. Bukanlah filosofis yang mampu berpikir logis. Namun, apa yang setiap orang rasakan dan yang mereka sebut cinta, masing-masing punya definisi tersendiri akan cinta, tak ada rumusan dan tak ada batasan akan definisi cinta. Biarkan sang pecinta menyelami sedalam-dalamnya lautan cinta yang mereka rasakan.

Di sini aku mencari sedikit tentang cinta dalam kitab klasik, yahh, aku ingin tau beberapa pandangan para ulama’ salaf maupun kholaf tentang cinta. Dan jelas buka masalah cinta anak muda yang bikin galau itu saja, tapi ma’na cinta yang lebih luas, antara sesama makhluq maupun Tuhannya.

Al-Hujwiri, salah seorang ulama’ tasawwuf, dalam kitabnya Kasyful Mahjub.
menjelaskan beberapa istilah cinta dari berbagai kata dalam bahasa arab. Mahabbat (cinta) dikatakan berasal dari Hibbat, yang berarti benih-benih yang jatuh ke bumi di tengah gurun. Nama Hubb (cinta) diberikan kepada benih-benih gurun tersebut (hibb), oleh karena cinta merupakan sumber dari pada kehidupan yang adil sebagaimana benih yang merupakan asal tanam-tanaman. Seperti halnya jika benih-benih itu ditebarkan di gurun, mereka lantas terpendam di bumi dan hujan jatuh di atasnya dan matahari menyinarinya dan panas serta dingin lewat atasnya, namun benih-benih itu tak terpengaruh oleh perubahan musim, namun tumbuh dan memunculkan bunga-bungan dan memberi buah, begitulah cinta. Bila ia memilih tempat kediamannya dalam hati, tak terganggu oleh kehadiran dan ketakhadiran, oleh suka atau duka, oleh perpisahan atau presatuan.

Ada juga yang mengatakan Mahabbat berasal dari Hubb, yang berarti “sebuah kendi yang penuh genangan air”, oleh karena bilamana cinta terkumpul dalam hati dan memenuhinya, tak ada lagi ruang bagi pikiran kecuali sang kekasih, sebagaimana Imam Shibli mengatakan: “Cinta disebut mahabbat oleh karena ia menghapus dari segala hal selain kekasih.”

Yang lain mengatakan Mahabbat berasal dari kata Hubb yang berarti “empat keping kayu di atas kendi air diletakkany”, oleh karena seorang pecinta merasa ringan membawa apa saja yang ditimpakan oleh kekasihnya kepadanya, pujian atau hinaan, duka ataupun lara, baik ataupun jelek.

Adapun yang mengasalkan dari habab, “air yang mendidih dan semangat yang melonjak”,, oleh karena itu cinta adalah semangat hati dalam merindukan persatuan dengan kekasih. Apabila tubuh mendapatkan hidup dari ruh, maka begitulah hati memperoleh hidup dari cinta, dan cinta memperoleh hidup dari penglihatan batin dan persatuan dengan kekasih. Yang lain lagi menyatakan bahwa hubb dipakai untuk cinta murni, oleh karena orang-orang arab menyebut kemurnian mata manusia dengan Habbatulinsaan, sama seperti menyebut kelamnya kalbu yang murni, habbatul qalbi yang kemudian adalah tempat diam cinta, yang sebelumnya penglihatan batin. di sini hati dan mata saling berlomba dalam cinta.

Dalam bahasa arab, satu kata bisa berarti berbagai macam makna, jadi tak usah heran kalo satu kata tadi bisa punya banyak arti, dan suatu kata juga bisa berubah-rubah, hal ini dipelajari dalam ilmu shorof yang tak mungkin aku jelasin satu-persatu, karena emang aku udah lupa.😀 hehehehe
Yang jelas, prespektif akan cinta, akan selalu nampak indah bagi siapa saja para pecinta.

Dan bagaimana menurut para sahabat blogger yang lain? bagaimana cinta menurut kalian?😀 senang masih bisa berbagi, dan mari kita terus berbagi untuk kebaikan.
Salam semangat selalu😀

 

 

Hatiku mencemburui pandangan senang mataku
Dan mataku iri pada kekhusyukan hatiku.

2 thoughts on “Mencari Cinta Dalam Kitab Kuning

monggo komen ingkang sae ^_^

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s